Produk China Dominasi Pasar Tablet

Posted by Aulia Afzal On Senin, 01 Oktober 2012 0 komentar
Produk China Dominasi Pasar Tablet

ilustrasi tablet

YOGYAKARTA – Pertumbuhan gadget dan komputer telah bergeser ke pasar web book (tablet), menggantikan computer PC dan notebook. Produk asal China cukup mendominasi pasar dengan raihan 60 persen penjualan. Harga yang murah, menjadi alasan utama konsumen memilik produk ini.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Daerah Iistimewa Yogyakarta, Dicky Purnawibawa mengatakan tablet china telah mengalahkan tablet branded seperti, Apel ataupun Samsung.

Setidaknya pangsa pasar yang mereka raih, telah mencapai 60% dari penjualan tablet. “Orang beli karena harganya yang murah,” jelasnya pada pameran Komputer Yogyakomtek 2012, di Jogja Expo Center, Senin (1/10/2012).

Menurutnya, tablet branded biasanya dijual lebih mahal diatas Rp3 juta per unitnya. Harga ini sangatlah mahal bila dibanding dengan produk asal China yang dibanderol mulai Rp500 ribu. Harga ini telah mencuri perhatian masyarakat apalagi prosesor dan memorinya mendekati produk branded.

“Memang untuk mendapatkan kualitas, produk branded adalah jaminan, tetapi harga membuat orang sensitif,” tuturnya.

Wakil Ketua DPP Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), Hadi Santono mengatakan pertumbuhan tablet mencapai 528 persen. Ini telah menggeser pasar PC computer dan notebook di pasaran.

Meski demikian pasar PC tetap ada dan tidak bisa digantikan. Misalnya untuk kebutuhan server, computer gambar ataupun bagi penggemar gameonline. “Ada beberapa spesifikasi PC yang tidak bisa digantikan tablet,” jelasnya.

Menurutnya orang memilih tablet karena aspek fleksibelitas. Tablet mudah dibawa kemana saja dengan tetap terkoneksi dengan internet. Tablet sendiri menjadi second computer, dalam memenuhi kebutuhan kerja. Biasanya seorang yang memiliki tablet akan memiliki computer ataupun notebook.
(amr)

0 komentar:

Posting Komentar