MRT Singapura Tidak Terawat

Posted by Aulia Afzal On Kamis, 05 Juli 2012 0 komentar
MRT Singapura Tidak Terawat

Penumpang SMRT (Foto: AFP)
Penumpang SMRT (Foto: AFP)
SINGAPURA - Sistem transportasi Mass Rapid Transit (SMRT) Singapura tengah dalam sorotan, khususnya setelah gangguan yang mereka alami beberapa waktu lalu. SMRT tersebut dikabarkan tidak terawat dengan baik.

Sebuah panel penyelidikan yang dibentuk untuk mengungkap kekacauan sistem SMRT Desember tahun lalu, mengkritik pihak manajemen SMRT yang melanjutkan layanan SMRT tanpa menyelesaikan masalah yang mereka alami. Padahal, gangguan yang dialami SMRT sempat membuat ribuaan penumpang terperangkap di bawah tanah.

Temuan dari Committee of Inquiry (COI), juga menegaskan bahwa operator SMRT tidak memiliki teknisi yang memadai untuk melakukan perawatan berkala. Kondisi ini membuat armada SMRT itu terganggu.

"Sekilas, pemeliharaan armada tampak teratur. Tetapi jadwal untuk sebagian kegiatan pemeliharaan preventif melebihi rekomendasi manufaktur. Namun, tampaknya ada sebuah perbedaan antara apa yang termasuk dalam catatan resmi dengan yang terjadi di lapangan," kata laporan COI, seperti dikutip Associated Press, Kamis (5/7/2012).

"Kami menemukan prosedur kerja dan mekanisme kontrol cabang pemeliharaan tidak ada koordinasi," imbuh laporan COI.

Desember lalu, sistem transportasi SMRT lumpuh di Singapura. Kondisi ini mempengaruhi sekira 127 ribu komuter, termasuk mereka yang terjebak di dalam gerbong kereta di bawah tanah. Mereka terjebak setelah kereta tersebut tidak dialiri tenaga yang memadai, tepat di saat jam kantor yang ramai.

Manajemen SMRT pun dikecam karena terus mengoperasikan kereta mereka, tanpa ada perbaikan menyuluruh pada sistem. Akibatnya, beberapa gangguan masih terus berlangsung dan mempengaruhi warga.(faj)

0 komentar:

Posting Komentar