Globalisasi dapat Picu Kehancuran

Posted by Aulia Afzal On Selasa, 24 Juli 2012 0 komentar
Globalisasi dapat Picu Kehancuran

Globalisasi (Foto: Digitaljournal)
Globalisasi (Foto: Digitaljournal)
JAKARTA - Direktur Centre for Information and Development Studies (Cides) Umar Juoro mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad tentang kiamat. Hadits itu menyebutkan sabda Rasulullah, kiamat akan tiba sebelum pasar-pasar mulai berdekatan (globalisasi).

"Globalisasi dapat menguntungkan negara-negara berkembang bila negara itu bisa memanfaatkan teknologi. Lihatlah China dan juga India," ujar Umar, dalam Dialog Ramadan dan Buka Bersama, Gedung Dewan Pers, Selasa (24/7/2012).

Prediksi mengenai globalisasi sudah ada di zaman Nabi Muhammad, tepatnya pada 630 silam. Dari peristiwa itu, terlihat bahwa peradaban Islam merupakan salah satu peradaban yang kuat. Salah satu surah di Al Quran, Arrum, juga membahas mengenai keruntuhan Konstantinopel yang terjadi sekira tahun 1300an.

Umar juga mengutip beberapa penjelasan mengenai peradaban dari Samuel Huntington, dalam bukunya yang berjudul Clash of Civilization. Menurut Huntington, pada dasarnya peradaban hanyalah Barat, China, India dan Islam.  

Apa yang terjadi sama dengan yang terjadi pada era Perang Salib. Pasukan-pasukan Barat juga menghancurkan banyak perpustakaan dalam Perang Iran 2003, sama seperti yang dilakukan Romawi.

Sementara itu, patut pula diingat pula perekonomian negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat (AS) tidak akan pernah bertahan tanpa suntikan devisa dari China dan negara Teluk yang notabenenya adalah negara Islam. Selama ini, jumlah umat Islam di India dan China sangat banyak dan melebihi warga Islam di Indonesia. Kedua negara itu juga digolongkan sebagai kekuatan ekonomi dunia.(faj)

0 komentar:

Posting Komentar