Edward Hutabarat: Batik Itu Tidak Ada Tren

Posted by Aulia Afzal On Minggu, 23 September 2012 0 komentar
Edward Hutabarat: Batik Itu Tidak Ada Tren

detail berita
Batik (Foto: Gita/Okezone)

PERKEMBANGAN batik Indonesia makin hari makin melesat di dalam negeri ataupun mancanegara. Perancang busana Edward Hutabarat pun berani mengklaim bahwa batik tidak memiliki tren sendiri. Menurutnya, batik itu sepanjang masa.  
Sebagai salah satu desainer ternama di Tanah Air, pria yang akrab disapa Edo ini tetap konsisten dalam mengembangkan kecintaannya terhadap kain batik. Perancang busana yang baru-baru ini telah memenangkan Anugerah Bintang Luminar 2012 tersebut mengatakan bahwa batik itu abadi dan tidak ada tren yang harus diterapkan.
 
"Batik itu tidak ada tren, dalam artian karena batik itu untuk negeri yang tropis, jadi batik itu longlast," tutur Edo kepada Okezone usai acara malam Anugerah Bintang Luminar 2012 di Balai Kartini, Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Dikatakan pria yang sudah berkecimpung di industri mode selama 30 tahun, pendekatan secara individu dengan riset yang dilakukan membuktikan bahwa dirinya sangat mencintai kain batik Indonesia. Dia pun ingin melestarikannya sampai harus berkorban mengenal proses pembatikan secara tradisional.
 
Baginya, motif-motif batik Indonesia sangat kaya dan banyak pilihan yang bisa diambil untuk menciptakan tren itu sendiri. “Kita mau bilang, tren sekarang banyak, pilihan motif batik banyak, bisa dipilih dari kota mana saja, seperti Solo, Kudus, Yogyakarta, dan lain-lain," tutupnya. (ina)
(tty)

0 komentar:

Posting Komentar