Bantah Tuduhan Korupsi, Eks PM Mesir Segera Pulang Kampung

Posted by Aulia Afzal On Sabtu, 01 September 2012 0 komentar
Bantah Tuduhan Korupsi, Eks PM Mesir Segera Pulang Kampung

Foto : Ahmed Shafiq (RIA Novosti)
Foto : Ahmed Shafiq (RIA Novosti)
KAIRO - Mantan Perdana Menteri Mesir Ahmed Shafiq membantah tuduhan korupsi yang dilayangkan oleh sejumlah politisi di negaranya. Shafiq pun bersumpah akan pulang ke Mesir dan mengkritik balik pihak yang melontarkan tuduhan itu kepadanya.
 
"Tuduhan yang dilayangkan terhadap saya, bermotif politik. Saya akan kembali ke Mesir bila hal itu adalah yang terbaik," ujar Shafiq, seperti dikutip Sky News Arabia, Sabtu (1/9/2012).
 
Pria yang kalah dalam Pilpres Mesir 2012 itu berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Shafiq dituduh menyalahgunakan jabatannya saat menjabat sebagai Komandan Angkatan Udara Mesir, dengan menjual tanah milik Asosiasi Pilot Tempur Muda ke putra Husni Mubarak dengan harga yang sangat rendah.
 
Putra Mubarak, Alaa dan Gamal juga masih mendekam di penjara karena menjadi terdakwa kasus korupsi. Namun ayahnya yang berusia 84 tahun dipenjara seumur hidup karena membunuh ratusan demonstran yang mendesaknya agar mundur dari jabatan.
 
Meski demikian, ajudan Shafiq menepis tuduhan-tuduhan itu dan menegaskan bahwa Shafiq tidak takut untuk pulang ke tanah airnya. Beberapa hari yang lalus sejumlah fraksi politik di Mesir mengancam akan menangkap Shafiq di bandara ketika dirinya sampai di Mesir.
 
Pada awalnya, dugaan korupsi Shafiq dilayangkan oleh Pemimpin Partai al-Wasat, Essam Sultan. Namun Shafiq yakin, Sultan dibayar oleh fraksi Islam di Mesir untuk menjadi informan. Salah satu simpatisan Shafiq juga menuduh fraksi Ikhwanul Muslimin merencanakan sebuah tindakan untuk menyingkirkan Shafiq.
(AUL)

0 komentar:

Posting Komentar