Makin Agresif dengan APU, AMD Gandeng Banyak Vendor

Posted by Aulia Afzal On Sabtu, 18 Agustus 2012 0 komentar
Makin Agresif dengan APU, AMD Gandeng Banyak Vendor

detail berita
Salah satu produk Asus X401U dengan prosesor APU dari AMD (foto: Yoga Hastyadi/Okezone)

JAKARTAAMD sejak beberapa waktu lalu mempromosikan prosesor dengan teknologi Accelerated Processing Unit (APU) besutannya. Kini tampak, salah satu raksasa prosesor komputer itu makin agresif dengan promosinya.
 
Segmen yang diincar oleh AMD ada dikisaran harga mainstream. Country Head AMD Indonesia Hermawan Sutanto mengatakan, dalam pasar PC di Indonesia dikenal tiga tingkatan berbentuk piramida.
 
Pada puncak piramida ini adalah segmen premium dengan rentang harga sekira USD800 sampai USD1.500. Kemudian di bawahnya adalah segmen mainstream dengan rentang harga USD600 sampai USD800 dan terakhir adalah kelas entry level atau pemula dengan rentang harga di bawah USD300.
 
Prosesor AMD tidak dipungkiri lagi banyak dikenal dalam soal grafis. Hermawan mengungkap bahwa keunggulan grafis tersebutlah yang ingin dibawanya ke segmen harga mainstream. Sementara itu, fitur-fitur yang ada di mainstream ingin dibawanya ke segmen harga entry level.
 
“Semua fitur premium ini terkait dengan visual. Investasi AMD sudah jelas, kami akan fokus di grafis,” ujarnya di peluncuran Asus Slimbook X401U beberapa waktu lalu.
 
“Kita sudah jalan dengan hampir semua pabrikan PC di Indonesia, seperti Acer, Asus, Lenovo, HP, Samsung, Toshiba dan Sony. Kita ingin lebih agresif agar konsumen mendapat nilai lebih,” imbuhnya.
 
Produk pertama yang diluncurkan adalah Samsung NP535 yang merupakan komputer jinjing ultrathin pertama di Indonesia. Komputer jinjng ini menggunakan APU generasi kedua seri A, dengan kode nama Trinity. Samsung NP535 ini merupakan keluarga Series 5 yang meluncur pada Juli lalu.
 
Sedangkan beberapa waktu lalu, AMD bersama Asus juga menggelontorkan Slimbook X401U yang merupakan komputer jinjing tipis dengan banderol seharga netbook yaitu Rp2,99 juta. Terkini, AMD bersama Sony meluncurkan Vaio E11 yang disematkan prosesor AMD E2 APU dengan banderol harga Rp4,5 juta. Menilik pernyataan dari Hermawan, para penggemar AMD akan bisa menemukan produk lain lagi menggunakan prosesor APU tersebut dalam beberapa waktu ke depan.
(yhw)

0 komentar:

Posting Komentar