SBY Usulkan Tindakan Kolektif untuk Suriah

Posted by Aulia Afzal On Kamis, 26 Juli 2012 0 komentar
SBY Usulkan Tindakan Kolektif untuk Suriah

Foto : Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (zimbio)
Foto : Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (zimbio)
JAKARTA - Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerukan tindakan kolektif untuk menyelesaikan kasus Suriah. SBY juga sudah menelpon Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Ban Ki Moon, guna membahas isu Suriah.

"Berkaitan dengan situasi keamanan dunia, Sekjen PBB menyeru para pemimpin untuk segera melakukan tindakan guna menghentikan krisis dan tragedi kemanusiaan di Suriah. Kita sudah melangkah lebih jauh sebelum ada seruan dari Sekjen PBB untuk mengakhiri krisis itu," ujar SBY di Istana Presiden, Kamis (26/7/2012).

SBY pun menilai, solusi perdamaian yang digagas mediator internasional Kofi Annan merupakan hal yang penting. Meski demikian, tak dapat dipungkiri bahwa solusi itu tidak berjalan dengan lancar.

"Lebih baik ada tindakan kolektif, sukur-sukur dipelopori untuk peace making (menciptakan perdamaian)," imbuh SBY.

Selama ini, Indonesia cukup aktif mengadakan dialog dengan sejumlah negara besar untuk membahas isu Suriah. Indonesia pun menyarankan agar isu krisis Suriah dipecahkan lewat mekanisme dialog dan tidak menggunakan jalur kekerasan.

Pada Juni lalu, SBY juga membahas isu Suriah dalam Pertemuan G20 di Los Cabos, Meksiko. Indonesia juga makin khawatir ketika menyaksikan eskalasi pertumpahan darah di negara Arab tersebut.(AUL)

0 komentar:

Posting Komentar