Pelindung Bin Laden Makan Malam dengan Pejabat Australia

Posted by Aulia Afzal On Minggu, 08 Juli 2012 0 komentar
Pelindung Bin Laden Makan Malam dengan Pejabat Australia

Rumah perlindungan Osama Bin Laden (Foto: AP)
Rumah perlindungan Osama Bin Laden (Foto: AP)
ISLAMABAD - Tidak banyak yang tidak tahu mengenai Brigadir Jenderal Ijaz Shah yang sempat menjadi kepala intelijen Pakistan, di masa mantan Presiden Pervez Musharraf. Namanya kini dikenal sebagai sosok yang diduga sebagai pelindung dari Osama bin Laden.

Tetapi Brigen Shah diketahui memiliki kedekatan dengan pihak Australia. Dirinya bahkan pernah menghadiri jamuan makan malam di Canberra pada Juni 2005. Saat itu, Pakistan memang masih dianggap sekutu penting Australia dalam upaya memenangi Al Qaeda.

Sekira enam bulan sebelum jamuan makan malam itu, kontruksi sebuah rumah tiga lantai di Abbottabad sudah dimulai. Rumah itu nantinya dikenal sebagai tempat persembunyian Osama bin Laden di Pakistan. Tersiar kabar, sosok yang memerintahkan kontruksi rumah itu adalah Brigjen Ijaz Shah.

Tuduhan tersebut dilayangkan oleh mantan kepala intelijen Pakistan (ISI) Jenderal Ziauddin Butt. Butt menuduh Brigjen memberikan perlindungan terhadap buronan paling dicari itu selama bertahun-tahun.

"Tokoh paling penting dan berkuasa saat rezim Musharraf adalah Brigjen Ijaz Shah. Saya percaya bahwa Ijaz Shah memberikan perlindungan terhadap pria ini (Osama bin Laden, di Abbottabad) dengan sepengetahuan dari Pervef Musharraf," ujar Butt, seperti dikutip Reuters, Senin (9/7/2012).

Tetapi tuduhan tersebut dibantah oleh Ijaz Shah. "Saya tidak pernah melakukan hal itu. Setiap orang yang waras di dunia ini tentunya membantah tuduhan tersebut," tegas Brighen Shah.

Menurut Shah, dirinya pensiun pada 18 Maret 2008, sementara terbunuhnya Bin Laden terjadi pada Mei 2011. Baginya, tidak mungkin dia terlibat dalam masalah ini.

Shah menambahkan, lebih dari satu tahun sejak kematian Bin Laden tidak ada bukti yang menunjukkan dirinya memberikan perlindungan kepada mantan pemimpin jaringan teroris Al Qaeda tersebut. Shah mengkritik, dunia terus mencari tahu siapa yang menyembunyikan Bin Laden, tetapi hingga kini tidak ada bukti siapa yang mengetahui persembunyiannya selama di Pakistan.(faj)

0 komentar:

Posting Komentar