Israel Siap Perangi Lebanon dengan Brutal

Posted by Aulia Afzal On Kamis, 05 Juli 2012 0 komentar
Israel Siap Perangi Lebanon dengan Brutal

Foto : Pasukan Israel (huffington post)
Foto : Pasukan Israel (huffington post)
YERUSALEM - Israel mengancam akan menggelar operasi militer brutal ke Lebanon bila Negeri Yahudi itu menyaksikan adanya serangan dari perbatasan Lebanon. Israel pun mengklaim serangan yang direncanakannya sangat berbeda dengan serangan pada 2006 silam.

"Kami akan berperang dengan agresif. Seluruh desa di Lebanon yang menembakan roket ke Israel akan kami hancurkan. Peperangan selanjutnya akan sangat berbeda dari yang pernah terjadi," ujar pejabat militer Israel Brigadir Jendral Herzi Halevi, seperti dikutip Times of Israel, Jumat (6/7/2012).

Lebanon merupakan negara tetangga Israel yang memiliki keragaman budaya, meski demikian Lebanon terlihat lebih stabil ketimbang Suriah dan Mesir. Halevi mengatakan, enam tahun setelah Perang Lebanon II pecah, Lebanon terlihat makin tenang.

Halevi juga memuji pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di negara Arab tersebut, namun Hizbullah kurang menyukainya. Pengerahan pasukan perdamaian itu merupakan bagian dari Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701 yang berisikan perintah gencatan senjata.

Resolusi itu juga tidak memiliki unsur penekanan terhadap kelompok Hizbullah. Namun patut diketahui bahwa resolusi itu melarang seluruh kelompok Hizbullah untuk bercokol di wilayah Sungai Litani. Resolusi itu pun melarang impor senjata untuk kelompok-kelompok bersenjata di Lebanon.

Hizbullah pun semakin berang karena mereka tidak berhasil membalas dendam untuk kematian komandannya, Imad Mugniyeh. Hizbullah justru ingin menginvasi wilayah Israel untuk membalas dendamnya.

Kelompok bersenjata itu menuding pasukan perdamaian PBB berada di sisi Israel. Hizbullah juga memandang Resolusi DK PBB 1701 sebagai resolusi yang dibuat untuk melindungi Negeri Yahudi.(AUL)

0 komentar:

Posting Komentar