Chavez: Clinton Mengancam Rusia

Posted by Aulia Afzal On Selasa, 10 Juli 2012 0 komentar
Chavez: Clinton Mengancam Rusia

Foto : Presiden Venezuela Hugo Chavez (centralmoinfo)
Foto : Presiden Venezuela Hugo Chavez (centralmoinfo)
CARACAS - Presiden Venezuela mengkritisi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Hillary Clinton terkait isu peremuan Sahabat Suriah. Chavez menilai, pidato yang dilontarkan Clinton mengancam Rusia dan China.

"Kami melihat, Menlu AS secara terang-terangan melontarkan ancamannya ke Rusia dan China. Dia mengatakan bahwa kedua negara itu akan membayar akibat dari perbuatannya, bila tidak mau mengikuti tuntutan AS. Kalian mengerti? Jelas sekali hal ini adalah bagian dari kegilaan yang dilakukan sebuah negara, yang berpikir dia adalah penguasa dunia," ujar Chavez, seperti dikutip RIA Novosti, Selasa (10/7/2012).

Chavez mendesak Clinton agar melihat masalah-masalah di dalam negerinya. Meski demikian, AS dianggap selalu mengabaikan masalah domestik.

"Banyak masalah yang muncul di AS, namum Pemerintah AS ingin berkecimpung di Suriah. Hal itu sama saja dengan campur tangan AS di Libya. Sekarang mereka juga mengancam Iran, sementara itu Fidel Castro sudah memperingatkan akan munculnya perang nuklir yang berbahaya," imbuhnya.

Pada Jumat pekan lalu, Clinton melontarkan kritiknya terhadap Rusia dan China, yang tidak menyetujui adanya upaya menggulingkan kekuasaan Presiden Suriah Bashar al Assad. Clinton juga mengingatkan kembali akan adanya konsekuensi atas sikap itu.

"Saya tidak mengira Rusia dan China yakin bahwa mereka akan menerima konsekuensi dari sikapnya yang mendukung rezim Assad," ujar Clinton.(AUL)

0 komentar:

Posting Komentar