"Tibet" Jenis Malware Baru yang Mengancam Sistem Mac OS X

Posted by Aulia Afzal On Jumat, 29 Juni 2012 0 komentar
"Tibet" Jenis Malware Baru yang Mengancam Sistem Mac OS X

detail berita
Ilustrasi (Foto: Reuters Pictures)

MOSCOWPerusahaan keamanan, Kaspersky Lab telah menyadap pergerakan varian terbaru program jahat (malware) yaitu Tibet yang menyerang OS X. Malware ini didistribusikan ke grup aktivis Uyghur dengan motif politik.
 
Malware Tibet menyebar melauli email tertentu pada pengguna Mac Uyghur. Dalam proses penyebarannya, malware ini disisipkan kedalam file ZIP yang diberi nama “matiriyal.zip”. Demikian dilansir dari Cnet, Sabtu (30/6/2012).
 
Jika file ini dibuka, akan mengungkapkan sebuah file gambar dan file teks yang merupakan aplikasi OS X yang menyamar. Kemudian bila dijalankan akan menginstal malware ke Mac pengguna.
 
Setelah itu, sekali di pasang (install), malware ini akan terkoneksi dengan perintah dan kontrol server yang berada di China, kemudian memungkinkan penyerang melakukan kontrol untuk mengeluarkan perintah dan mengakses file pada komputer yang terinfeksi.
 
Malware Tibet ditemukan pada Maret 2012. Malware ini awalnya digunakan untuk mengeksploitasi Java seperti varian “Flashback” yang menginfeksi satu persen dari sistem Mac.  
 
Dalam varian terbaru, malware ini menggunakan pendekatan Kuda Troya (Trojan horse). Melalui pendekatan ini, Malware Tibet menggoda pengguna untuk membuka dokumen file dan menyamarkan sebagai dokumen yang aman.
 
Bagi Anda pengguna Mac diluar China tak perlu khawatir. Pasalnya, malware Tibet hanya menyerang kelompok aktivis Tibet. Menurut penyelidikan Kaspersky Lab, Malware ini didistribusikan ke grup aktivis Uyghur dengan motif politik.
(fmh)

0 komentar:

Posting Komentar