Gagal Finis di Sprint Race, Rio Kecewa

Posted by Aulia Afzal On Minggu, 24 Juni 2012 0 komentar
Gagal Finis di Sprint Race, Rio Kecewa

Rio Haryanto (Foto: Dok Rio)
Rio Haryanto (Foto: Dok Rio)
VALENCIA – Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto gagal finis pada sprint race di ajang GP2 yang digelar di Sirkuit Valencia, Spanyol, Minggu (24/6/2012) sore WIB.

Hasil itu membuat Rio tak mampu mengulangi pencapainnya di feature race di hari sebelumnya di tempat yang sama. Pada sprint race, pembalap Marussi Carlin ini juga terkena penalti setelah dilakukan penyelidikan oleh steward. Penalti itu membuat mundur lima grid dalam feature race GP2 Inggris di Sirkuit Silverstone, 6-8 Juli mendatang.

Padahal, dalam balapan itu, Rio start dari posisi keempat, bahkan dia bisa menyodok hingga ke posisi kedua pada lap pertama setelah menyalip Max Chilton, dan Nathanael Berthon.

Selama balapan, Rio terus dikuntit oleh Chilton, tapi dia mampu memperlebar gap dari yang awalnya hanya 0,6 detik menjadi nyaris tiga detik. Sayangnya, ketika mencoba menyalip James Calado yang berada di posisi pertama, mobil Rio bersenggolan dengan mobil milik Calado di lap ke-20. Akibat insiden tersebut, sayap depan mobil Rio rusak sehingga dia tak mampu melanjutkan lomba.

"Pada awal lomba saya memiliki perasaan untuk memenangkan lomba ini. Beberapa kali saya melihat celah untuk menyalip Calado, tapi kesalahan di tikungan hairpin membuat mobil saya bersenggolan dengan mobil Calado,” ujar Rio dalam rilis yang diterima Okezone, Minggu (24/6/2012).

“Senggolan itu membuat sayap depan saya hancur dan saya harus keluar dari balapan," lanjutnya.

Rio juga mengaku kecewa dengan hasil yang dia capai di sprint race, kendati demikian, dia senang karena telah mengerahkan seluruh kemampuannya dan berjuang maksimal untuk memperebutkan posisi pertama.

"Saya sedikit merasa kecewa dengan kejadian itu, tapi saya juga merasa cukup puas telah dapat memperlihatkan potensi dan kemampuan balap saya. Saya juga telah berusaha dan berjuang maksimal,” tuturnya.

“Sejak saat ini, saya lebih yakin bahwa saya bisa memenangkan lomba di GP2 Series yang sangat kompetitif ini," pungkasnya.

Dalam balapan sebanyak 23 lap itu dimenangi Luis Razia dari Arden dengan catatan waktu 46 menit 7,255 detik. Di posisi kedua ditempati Calado, disusul Fabio Leimer yang meraih podium ketiga.

Berikut Hasil sprint race GP2 Valencia:

Pos Driver Team Time

1. Luiz Razia Arden 46m07.255s
2. James Calado Lotus + 1.179s
3. Fabio Leimer Racing Engineering + 1.587s
4. Max Chilton Carlin + 2.425s
5. Nathanael Berthon Racing Engineering + 2.957s
6. Giedo van der Garde Caterham + 4.969s
7. Simon Trummer Arden + 8.415s
8. Julian Leal Trident + 9.501s
9. Daniel de Jong Rapax + 13.591s
10. Davide Valsecchi DAMS + 17.564s
11. Josef Krl Addax + 21.005s
12. Tom Dillmann Rapax + 34.565s
13. Nigel Melker Ocean + 46.929s
14. Luiz Felipe Nasr DAMS + 50.083s
15. Rodolfo Gonzalez Caterham + 51.366s
16. Giancarlo Serenelli Lazarus + 57.490s
17. Fabio Onidi Coloni + 1m03.342s
18. Victor Guerin Ocean + 1m03.439s

Not classified/retirements:

Rio Haryanto Carlin 19 laps
Stephane Richelmi Trident 5 laps
Jolyon Palmer iSport 3 laps
Johnny Cecotto Jr. Addax 3 laps
Stefano Coletti Coloni 0 laps
Esteban Gutierrez Lotus 0 laps
Marcus Ericsson iSport 0 laps
Fabrizio Crestani Lazarus 0 laps

(win)

0 komentar:

Posting Komentar