Cara Tepat Orangtua Bentuk Karakter Ayu Ting Ting

Posted by Aulia Afzal On Rabu, 20 Juni 2012 0 komentar
Cara Tepat Orangtua Bentuk Karakter Ayu Ting Ting

detail berita
Ayu Ting Ting (Foto: HighEnd)

POLA asuh dan pendidikan yang ditanamkan oleh orangtua menjadi faktor yang sangat penting dalam membentuk karakter sang anak. Seperti yang dilakukan oleh orangtua Ayu Ting Ting, Abdul Rozak dan Umi Khalsum.
 
Sebagai orangtua, keduanya kompak dalam mendidik anak. “Jangan terlalu kasar mendidik kepada anak, tapi jangan terlalu melepas juga. Kita mengawasi dan juga kita beri arahan-arahan yang baik,” tutur Abdul Rozak saat berbincang dengan Okezone di sela-sela perayaan ulang tahun Ayu Ting Ting ke-20 di kediamannya bilangan Depok, Jawa Barat,  Rabu malam, 20 Juni 2012.
 
“Kita saling mendukung dan mendampingi sejak usia dini, ya saat masih kecil,” tambahnya.
 
Tak hanya kesuksesan yang diraih oleh sang anak, Rozak dan Umi juga turut andil dalam pembentukan karakter dua putrinya tersebut, termasuk kepribadian yang dimiliki Ayu saat ini. Mereka percaya bahwa dengan kepribadian yang baik, sang anak tidak akan mengecewakan kedua orangtuanya. Apalagi Ayu termasuk anak yang penurut dan patuh.  
 
Rozak menuturkan, Ayu yang sekarang atau dulu tidak ada yang berubah dalam bersikap. Pelantun tembang Alamat Palsu ini masih tetap perhatian dengan keluarga, terutama ayah, ibu, dan adiknya.
 
Bagi Rozak, menanamkan pendidikan, terutama agama menjadi kunci dari semua pola asuh yang dilakukan bersama sang istri untuk kedua buah hati mereka. “Alhamdulillah kita percaya ke anak, anak juga jadi hormat ke ayah. Jadi, dia juga bisa menjaga hal-hal yang dilarang agama. Terpenting, kita terapkan agama,” jelasnya.
 
Selain itu, lanjutnya, sikap tegas dari salah satu orangtua juga perlu dilakukan. Hal ini semata-mata sebagai pembelajaran untuk anak agar tidak terlalu manja atau menuruti semua kemauannya.
 
“Kalau sama ayah, kedua anak takut. Tapi kalau sama ibu, kadang masih enggak mau mengalah. Kalau ayah sudah mulai keras sedikit, anak-anak langsung lemah,” katanya.
 
Dalam mendidik kedua anaknya, Rozak dan istrinya tidak membedakan. “Enggak ada yang dibedain, semuanya sama,” tutupnya. (ina)
(tty)

0 komentar:

Posting Komentar