"Bangsa Georgia Dukung Negaranya Gabung dengan NATO"

Posted by Aulia Afzal On Jumat, 29 Juni 2012 0 komentar
"Bangsa Georgia Dukung Negaranya Gabung dengan NATO"

Menlu Marty dengan Menlu Georgia (Foto: Aulia Akbar/Okezone)
Menlu Marty dengan Menlu Georgia (Foto: Aulia Akbar/Okezone)
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Georgia Grigol Vashadze mengatakan, mayoritas dari warga Georgia mendukung negaranya untuk bergabung dengan North Atlantic Treaty Organization (NATO). Bergabungnya Georgia ke organisasi tersebut sering dipandang sebagai ancaman bagi Rusia.

"Bergabungnya Georgia ke NATO bukanlah keinginan dari presiden, parlemen, partai politik atau sejumlah elemen dari pemerintahan Georgia. Ini merupakan aspirasi dari bangsa Georgia," ujar Vashadze, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (29/6/2012).

"Lebih dari 85 persen warga Georgia mendukung negaranya untuk bergabung ke dalam NATO. Ini merupakan keputusan Georgia yang tidak boleh diganggu gugat oleh Rusia," imbuhnya.

Usulan untuk bergabungnya Georgia ke NATO juga dilakukan lewat referendum dan kenyataannya, warga di negara bekas Uni Soviet itu justru menginginkan keanggotaan di NATO. Namun keanggotaan Georgia di NATO dinilai mengundang ancaman bagi Negeri Beruang Merah.

Beberapa bulan yang lalu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov sempat mengancam akan menyerang Georgia untuk yang kesekian kalinya, bila Georgia bergabung dengan NATO. Namun Georgia tampaknya tidak akan menyerah dalam upayanya untuk mendapatkan keanggotaan tersebut.(faj)

0 komentar:

Posting Komentar