7.500 Tentara Bocah di Perang Korea Masih Hidup

Posted by Aulia Afzal On Kamis, 21 Juni 2012 0 komentar
7.500 Tentara Bocah di Perang Korea Masih Hidup

Foto : Pasukan Kavaleri Korsel (Noonbit)
Foto : Pasukan Kavaleri Korsel (Noonbit)
SEOUL - Ribuan bocah yang masuk dalam dinas militer untuk berpartisipasi Perang Korea (1950 -1953) masih hidup. Saat ini mereka sudah memasuki masa tuanya dan tidak pernah diberikan penghargaan oleh pemerintah.

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) khawatir bila mereka diakui sebagai pahlawan berarti Korsel melanggar hukum internasional. Hukum internasional turut melarang bocah di bawah usia 18 tahun untuk masuk ke dinas militer.

Menurut laporan dari Kementerian Pertahanan Korsel, 29.603 bocah di bawah tahun masuk ke dinas militer 62 tahun yang lalu. Dan saat ini, sebanyak 7.500 dikabarkan masih hidup, 467 di antara mereka adalah perempuan. Demikian, seperti diberitakan Chosun Ilbo, Kamis (21/6/2012).

Kompensasi yang mereka dapatkan hanya sebesar 120 ribu Won atau sekira Rp980 ribu. Pemerintah Korsel membayar kompensasi itu berdasarkan peraturan yang ada untuk menangani para veteran perang. Namun, tunjangan mereka ditambah sekira Rp400 ribu setelah adanya amandemen konstitusi.

Meski demikian, sepertiga dari bekas tentara bocah itu dikabarkan tidak menerima kompensasi. Hal itu disebabkan karena mereka tidak mendaftarkan dirinya. Laporan-laporan itu didapatkan Pemerintah Korsel dari sebuah asosiasi tentara bocah Perang Korea, yang dibentuk di Daegu pada 1996 silam.(AUL)

0 komentar:

Posting Komentar