Kanselir Jerman Batal ke Tunisia Akibat Demo Anti-Barat

Posted by Aulia Afzal On Kamis, 27 September 2012 0 komentar
Kanselir Jerman Batal ke Tunisia Akibat Demo Anti-Barat

Demo anti-AS di Prancis akibat peredaran film yang melecehkan Islam (Foto: RT)
Demo anti-AS di Prancis akibat peredaran film yang melecehkan Islam (Foto: RT)
BERLIN - Kanselir Jerman Angela Merkel dilaporkan membatalkan kunjungannya ke Tunisia awal Oktober mendatang. Suratkabar Jerman menyebutkan pembatalan ini dilakukan menyusul kekhawatiran terjadinya aksi protes anti-Barat akibat peredaran film "Innocent of Muslims".

Dikutip Trend, Kamis (27/9/2012), juru bicara Merkel, Steffen Seibert mengatakan, kunjungan itu dibatalkan melalui kesepakatan bersama kedua belah pihak. Seibert menolak menyebutkan alasan di balik pembatalan tersebut. Namun dalam laporannya Financial Times Deutschland menyinggung pembatalan tersebut berkaitan dengan protes anti-Barat di Tunisia.

Sementara itu di dalam negeri, Merkel bersama dengan sejumlah pejabat Partai Uni Demokratik Kristen (CDU) kabarnya berusaha merangkul Muslim Jerman. Dengan populasi warga Muslim yang mencapai tiga juta orang Merkel menyebut, Islam telah menjadi bagian dari Jerman.

Merkel juga turut mengomentari demonstrasi anti-Barat menyusul beredarnya film "Innocent of Muslims" yang berakhir ricuh di sejumlah negara. Kanselir Jerman itu menekankan bahwa warga Muslim Jerman tidak terpancing untuk melakukan hal serupa.

"Mayoritas warga Muslim di jerman telah menjauhkan diri dari tindakan-tindakan seperti itu," imbuhnya.

Sejauh ini Pemerintah Jerman telah mengkritik kemunculan film kontroversial itu, menyebutnya sebagai film anti-Islam. Pemerintah Jerman pun tengah mempertimbangkan larangan atas peredaran film itu.(rhs)

0 komentar:

Posting Komentar