Jadi Mata-Mata Iran, 22 Warga Azerbaijan Diadili

Posted by Aulia Afzal On Rabu, 29 Agustus 2012 0 komentar
Jadi Mata-Mata Iran, 22 Warga Azerbaijan Diadili

Ilustrasi: RIA Novosti
Ilustrasi: RIA Novosti
BAKU - 22 warga Azerbaijan kini tengah menjalani proses peradilan terkait keterlibatan mereka dalam tindakan spionase. Puluhan warga Azerbaijan itu pun dituding bekerja di bawah perintah Pasukan Garda Revolusi Iran.

Sidang terhadap puluhan warga Azerbaijan ini berlangsung tertutup di Pengadilan Pidana Grave di Baku. Mereka didakwa dengan sejumlah pasal diantaranya melakukan perbuatan makar, memiliki senjata api dan amunisi ilegal serta melakukan akuisisi ilegal. Demikian seperti diberitakan People Daily, Rabu (29/8/2012).

Puluhan pria itu ditangkap awal tahun 2012 ini melalui sebuah operasi yang dilakukan oleh Kementerian Keamanan Nasional Azerbaijan. Bersama mereka juga turut ditemukan obat-obatan, berbagai jenis senjata dan bahan peledak.

Kelompok mata-mata ini kabarnya mulai beroperasi sejak 1999 lalu dan semua anggota memperoleh senjata yang ditujukan untuk melakukan aksi teror terhadap sejumlah pengusaha dan diplomat asing. Hukum pidana Azerbaijan menyebutkan tindakan makar di negara itu dapat divonis hukuman penjara selama 10 tahun atau maksimal kurungan seumur hidup.

Penangkapan puluhan mata-mata ini pertama kali merebak usai pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keamanan Nasional pada 14 Maret 2012 lalu. Kementerian itu menegaskan mereka yang ditangkap adalah rekrutan dari Pasukan Garda Revolusi Iran dan terlibat dalam tindakan spionase terhadap Azerbaijan.(rhs)

0 komentar:

Posting Komentar