Indonesia-China Segera Gelar Pertemuan MCC

Posted by Aulia Afzal On Jumat, 10 Agustus 2012 0 komentar
Indonesia-China Segera Gelar Pertemuan MCC

Foto : Menlu RI & Menlu China (reuters)
Foto : Menlu RI & Menlu China (reuters)
JAKARTA - Pada April lalu China dan Indonesia sepakat melakukan kerjasama kelautan dalam kerangka Maritime Cooperation Council (MCC) yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri kedua negara. Pertemuan pertama MCC sendiri dijadwalkan akan berlangsung pertama kalinya di 2012 ini.

Pernyataan ini disampaikan Menlu RI Marty M Natalegawa usai bertemu dengan Menlu China Yang Jiechi di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta (10/8/2012).

"Pertemuan ini sangat penting untuk dilaksanakan demi menunjukkan bahwa masalah kelautan bisa menjadi sumber kerjasama antara kedua negara. Sehingga hal ini bisa menjadi contoh bagi negara-negara lain di kawasan dimana seharusnya isu kelautan dapat menjadi lahan kerjasama bukannya justru memecah belah," ujar Marty.

Marty menambahkan pertemuan pertama MCC ini nantinya akan berlangsung di Beijing, China.

Selain itu, kunjungan Menlu China ke Indonesia ini dilaporkan juga menghasilkan beberapa komitmen yang meningkatkan hubungan kedua negara. Beberapa kerjasama bilateral seperti dalam bidang pertahanan dan keamanan, ketahanan pangan dan energi, hubungan antar masyarakat dan bidang antariksa juga turut dibahas dalam pertemuan kedua Menlu ini.

Kedua Menlu juga menyambut baik penandatanganan Perjanjian Pengaturan Pelatihan Timbal Balik Diplomat (Arrangement on Mutual Training of Diplomats) oleh wakil kedua negara selain juga disepakati untuk mengintensifkan implementasi penuh Nota Kesepahaman mengenai Aktivitas Bersama (MoU on Joint Activities) diantara kementerian luar negeri kedua negara.

Dalam kaitannya dengan regional dan internasional, sejumlah isu pun turut dibahas misalnya dalam kerangka ASEAN serta isu-isu lainnya terkait Semenanjung Korea, perkembangan Timur Tengah, PBB serta Bali Democracy Forum (BDF).(AUL)

0 komentar:

Posting Komentar