AS: Pakta Militer Korsel & Jepang Sangat Berguna

Posted by Aulia Afzal On Sabtu, 30 Juni 2012 0 komentar
AS: Pakta Militer Korsel & Jepang Sangat Berguna

Foto : AFP
Foto : AFP
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyambut rencana penandatanganan perjanjian keamanan antara Korea Selatan dan Jepang, yang akan memfasilitasi pertukaran informasi intelijen. Menurut AS, penandatanganan perjanjian itu akan sangat berguna.
 
"Perjanjian itu akan sangat berguna, namun kami memahami adanya isu bilateral yang cukup sensitif antara Jepang dan Korsel," ujar salah seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, seperti dikutip Yonhap, Sabtu (30/6/2012).
 
"Ini adalah keputusan yang dibuat antara Korsel dan Jepang. Kami pun tidak berhak untuk berkomentar lebih lanjut mengenai perjanjian ini," imbuhnya.
 
Perjanjian itu dibentuk pada awal bulan ini, namun kedua negara itu sadar akan adanya ketegangan hubungan yang terjadi. Korsel memiliki ingatan pahit terkait pendudukan Jepang di Semenanjung Korea pada 1910 hingga 1945.
 
Para pembuat kebijakan di Korsel pun turut mendesak pemerintahnya agar tidak menandatangani perjanjian militer itu. Penundaan pun muncul dan disepakati oleh Korsel dan juga Jepang.
 
Menurut Pemerintah Korsel, sulit untuk membangun perjanjian itu pada 2012 ini. Hal itu disebabkan karena Negeri Ginseng akan segera menggelar pilpres pada Desember mendatang.
(AUL)

0 komentar:

Posting Komentar