Jajaran produk Lenovo (Foto: Andina)
JAKARTA - Bertengger pada posisi dua besar di industri PC, tak membuat Lenovo melenggang santai dengan produk-produknya. Terbukti, perusahaan asal China ini melakukan refreshment atau penyegaran terhadap belasan produk besutannya.
Lenovo mempekenalkan jajaran produk baru mulai dari seri laptop hingga desktop yang mewakili kelas enterprise dan SMB (small medium business). Diungkapkan Director-Small Medium Business Lenovo Irene Santosa, belasan produk baru ini merupakan versi terbaru dari seri yang telah ada sebelumnya
Hal itu diungkapkan Irene saat peluncuran rangkaian produk seri terbaru Lenovo yang didukung prosesor generasi ketiga Intel, Ivy Bridge di fX Life X'nter, Jakarta, Kamis malam (2/8/2012). "Semua produk yang kita launching hari ini diperkuat dengan Ivy Bridge. Semua produk ini refreshment yang di-refresh dengan Intel Ivy Bridge dan juga bekerjasama dengan Microsoft," jelasnya.
Jajaran produk untuk segmen SMB dan enterprise ini terdiri dari laptop seri ThinkPad, yakni ThinkPad T430, ThinkPad X230, ThinkPad Edge E430, ThinkPad Edge E130. Sednagkan untuk desktop yaitu ThinkCentre M92p "tiny", ThinkCenter Edge 92, serta desktop all-in-one (AIO) ThinkCenter M72z dan ThinkCenter M92z.
Selain laptop dan desktop, Lenovo juga memperkenalkan kuartet workstation-nya yaitu ThinkStation S30, ThinkStation C30, ThinkStation D30, dan ThinkStation E31, yang dilengkapi dengan prosesor Intel Xeon terbaru.
Diungkapkan Irene, Lenovo sebenarnya bukanlah pemain baru di ranah workstaion, mengingat perusahaan tersebut kerap dilekatkan dengan industri PC. "Dari dulu workstaion memang sudah ada, tapi belum dikonsentrasikan. Kini, workstaion dikonsentrasikan dengan masuk ke emerging market," tutur Irene.
Semua produk yang diluncurkan tersebut, sudah mulai tersedia pada bulan ini melalui mitra-mitra bisnis Lenovo. Mengenai harga, karena merupakan produk yang ditujukan untuk segmen enterprise dan SMB, harganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Untuk ThinkPad T430, X230, Edge E430, dan Edge E130, masing-masing produk tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp15,9 juta, Rp15,9 juta, Rp6,8 juta, dan Rp5,9 juta. Sedangkan desktop ThinkCenter M92p "tiny", ThinkCenter AIO M72z, ThinkCenter AIO M92z, dan ThinkCenter Edge 92 dengan harga masing-masing mulai dari Rp6,60 juta, Rp7,50 juta, Rp9,50 juta, dan Rp10,9 juta.
ThinkStation E31, S30, C30, dan D30, harga masing-masing dibanderol mulai dari Rp11 juta, Rp16 juta, Rp26 juta, dan Rp28 juta.
Refreshment produk, kata Irene, meurpakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan Lenovo. Untuk segmen enterprise biasanya memiliki masa transisi yang lebih lama sekira 15 bulan sekali. "Setelah dilakukan refreshment, nanti setelah 15 bulan baru dilakukan take over full," ungkapnya.
Sementara itu, jika pangsa pasar produk SMB Lenovo pada kuartal keempat 2011 mencapai 8 persen untuk pasar komputer, tentu diharapkan terjadi peningkatan pada tahun ini. "Kalau bisa tentu ada peningkatan tahun ini. Targetnya bisa naik menjadi 10 persen," pungkas Irene.
(adl)
0 komentar:
Posting Komentar